Suku di Pulau Sumatera

Suku Aceh

Tarian-Adat-Aceh.jpg (1080×675)

Suku bangsa yang berada paling ujung Sumatera ini mayoritas beragama Islam. Leluhur dari suku bangsa Aceh berasal dari Kamboja, Arab,dan India. Tidak hanya itu, sebagian dari suku bangsa Aceh juga berasal dari bangsa Portugis.

Suku Batak

Suku-Batak.jpg (520×365)

Suku bangsa batak bermukim di daerah Tapanuli dan Sumatera Utara. Batak Toba, Batak Angkola, Batak Karo, Batak Pakpak, Batak Mandailing dan Batak Simalungun merupakan suku bangsa Batak yang ada di Sumatera. Hampir sebagian dari mereka memeluk agama Kristen. Sebagian mereka beragama Islam dan ada pula yang menganut animisme. Seiring dengan perkembangan jaman, penganut animisme semakin berkurang.

Suku Nias

idea_478_584_13617286224407_nias12.jpg (1000×667)

Suku bangsa Nias berasal dari India Selatan yang berperawakan Malesoid. Suku bangsa Nias memiliki rambut yang keriting, bibir yang tebal dan memiliki kulit hitam. Namun, Anda juga akan melihat suku bangsa Nias yang memiliki penampilan yang berbeda. Kulit yang berwarna sawo matang. rambut yang lurus, badan yang ramping dan bentuk mulut yang sedang.

Suku Minangkabau

suku+minangkabau.jpg (561×371)

Suku bangsa Minagkabau memiliki kulit berwarna sawo matang, rambut yang lurus dan bentuk mulut yang sedang, Penyebaran suku bangsa Minangkabau berada di Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Aceh.

Suku di Palembang

sejarah-suku-palembang.jpg (797×594)

Suku bangsa Palembang merupakan keturunan Mongoloid yang memiliki penampilan fisik: kulit yang berwarna sawo matang, tinggi badan yang sedang dan bentuk bibir yang sedang pula.

Hampir semua suku bangsa yang ada di Pulau Sumatera memiliki ciri fisik yang hampir sama. Selain memiliki warna kulit sawo matang, suku bangsa yang ada di Pulau Sumatera memiliki ukuran bibir dan hidung yang sedang. Semua suku bangsa yang ada di Pulau Sumatera berasal dari ras Mongoloid dan tersebar merata di pulau Sumatera.

Suku Melayu

wacana.co_Suku-Melayu.jpg (500×333)

Suku melayu merupakan penduduk asli dari provinsi Sumatera Selatan, Riau, Jambi, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Sumatera Utara dan sejumlah daerah lainnya.Bahkan suku Melayu juga merupakan salah satu suku asli dari provinsi Kalimantan Barat. Pada dasarnya, suku Melayu merupakan gabungan dari berbagai suku. Kesamaan bahasa, agama dan budaya yang membuat mereka menjadi satu. Pada tahun 2010, populasi suku Melayu diperkirakan sekitar 8.789.585 jiwa. Indonesia sendiri merupakan negara dengan jumlah orang melyu terbesar kedua di dunia setelah negara Malaysia.

Suku Rejang

bujang+smulen.jpg (385×400)

Suku Rejang adalah salah satu suku tertua di pulau Sumatera. Berdasarkan perbendaharaan kata dan dialek yang terdapat dalam bahasa Rejang, suku ini di kategorikan sebagai Proto Melayu. Provinsi Bengkulu menjadi wilayah asal dari suku Rejang. Suku Rejang ini tidak terlalu gemar merantau seperti suku-suku yang kita bahas sebelumnya, sehingga cukup sulit untuk menjumpai orang-orang Rejang di luar wilayah Bengkulu. Populasi suku Rejang diperkirakan mencapai 2 juta jiwa.